PENGUKURAN
PANJANG
Tujuan:
- Mengukur dengan satuan baku dan tak baku secara baik dan benar
Alat:
- Tangan
- Penggaris
- Meteran
Langkah
Kerja!
- Berkumpullah dengan anggota kelompokmu! Setiap kelompok beranggotakan 4 orang!
- Pelajarilah gambar di bawah ini untuk memahami satuan jengkal, telapak, dan lengan!
- Ukurlah panjang 6 benda yang tertulis dalam Tabel 1 dengan menggunakan satuan yang telah ditentukan! Pengukuran dilakukan oleh setiap anggota kelompok! Catatlah hasil pengukuran kalian ke dalam Tabel 1!
- Ulangi langkah 3, tetapi menggunakan penggaris atau meteran. Catatlah hasil pengukuran kalian dalam Tabel 2!
- Jawablah pertanyaan dalam LKS berdasarkan hasil eksperimen kalian!
Hasil
Pengamatan
Tabel
1. Hasil Pengukuran dengan Satuan Tidak Baku
Benda
yang diukur
|
Satuan
|
Hasil
Pengukuran Setiap Anggota Kelompok
|
|||
|
|
|
|
||
Panjang Bangku |
Jengkal
|
2,5 |
3,3 |
2,8 |
3 |
Panjang Buku
Catatan |
Telapak
|
3 |
2,3 |
2,3 |
2,5 |
Lebar Pintu |
Lengan
|
3,34 |
3,34 |
3,34 |
2,5 |
Panjang Papan
Tulis |
Jengkal
|
13,9 |
13,4 |
11 |
13 |
Panjang Meja
Guru |
Telapak
|
15,8 |
12,5 |
12,3 |
13,8 |
Lebar kelas |
lengan
|
15,5 |
15.34 |
14 |
13,3 |
Tabel
1. Hasil Pengukuran dengan Satuan Tidak Baku
Benda
yang diukur
|
Satuan
|
Hasil
Pengukuran Setiap Anggota Kelompok
|
|||
|
|
|
|
||
Panjang Bangku |
cm
|
60 cm |
60 cm |
60 cm |
60 cm |
Panjang Buku
Catatan |
cm
|
21 cm |
21 cm |
21 cm |
21 cm |
Lebar Pintu |
cm
|
152 cm |
152 cm |
152 cm |
152 cm |
Panjang Papan
Tulis |
cm
|
210,5 |
210,5 |
210,5 |
210,5 |
Panjang Meja
Guru |
cm
|
120 |
120 |
120 |
120 |
Lebar kelas |
cm
|
637 |
637 |
637 |
637 |
Pertanyaan
dan Kesimpulan:
- Amatilah hasil pengukuran satuan tidak baku (pada tabel 1). Apakah terdapat perbedaan ukuran? Menurutmu, mengapa hal itu bisa terjadi? Jelaskan!
- Amatilah hasil pengukuran dengan menggunakan alat ukur baku (pada tabel 2). Apakah terdapat perbedaan ukuran? Menurutmu, mengapa hal ini bisa terjadi? Jelaskan!
- Sebutkan keuntungan dan kerugian jika kita menggunakan alat tubuh (misalnya lengan, telapak tangan, jengkal) untuk melakukan pengukuran!
- Sebutkan kesulitan-kesulitan yang akan terjadi jika Kalian menggunakan satuan tidak baku dalam melakukan pengukuran!
- Sebutkan contoh-contoh penggunaan satuan baku dalam kehidupan sehari-hari!
JAWABAN
1
ada karena ukuran tangan tiap org berbeda
2
tidak karna memakai satuan internasional
3
kelebihan: tidak memerlukan biaya
kekurangan:
hasil nya pasti berbeda2
4
hasilnya pasti berbeda,waktunya lebih lama,lebih sulit
5
ngukur berat memakai timbangan dan mengukur panjang atau lebar
menggunakan penggaris
Tidak ada komentar:
Posting Komentar